Cara Cepat Beradaptasi Di Tempat Kerja

Jika dibanding dengan membuka usaha sendiri kamu lebih enjoy sebagai karyawan dan sudah diterima kerja, tips cepat beradaptasi ini akan sangat kamu butuhkan untuk menyiapkan hari pertamamu masuk kerja - khusus yang berhubungan dengan orang banyak dan terikat tempat - akan lebih nyantai dan nggak membosankan. Kamu yang baru saja lulus dan belum berpengalaman kerja mungkin sedang membayangkan seperti apa lingkungan orang-orang yang sedang cari duit itu. Dunia kerja memang sangat berbeda dengan dunia belajar mengajar seperti sekolah dan kampus, tapi di tempat kamu mencari nafkah itu bukan berarti tidak harus belajar apapun. Dimanapun dan apapun tempat kerja barumu, pastikan membuat dirimu merasa nyaman dan betah. Makanya, simak resep beradaptasi berikut ini.

1. Siapkan diri
Tiru kata-kata positif dari Spongebob Squarpants sebelum berangkat kerja, “aku siap, aku siap, aku siap,”. Jika banyak hal yang belum kamu mengerti tentang lingkungan, peraturan dan cara kerja benda di tempat yang menerimamu sebagai karyawan, jangan pernah ada perasaan sungkan untuk bertanya.

2. Datang lebih awal
Datang lebih awal jangan hanya waktu hari pertama kerja, tapi lakukan seterusnya. Belajarlah disiplin sejak pertama. Datang setidaknya 15 menit sebelum jam kerja memberimu waktu untuk persiapan apapun yang akan kamu hadapi nanti, apalagi di hari pertama.

3. Cari teman
Boleh berteman dengan siapapun di lingkungan kerja, harus malah. Tapi untuk dijadikan teman akrab yang tidak sekedar teman ngantor, carilah yang benar-benar tulus bersahabat denganmu. Karena dunia kerja kadang rentang dengan hal jegal-menjegal dan menusuk dari belakang. Namun tidak semua lingkungan bekerja seperti itu. Mendapatkan teman setempat kerja yang klop denganmu pasti menyenangkan bukan.

4. Rileks
Yak, santai saja. Mungkin ada tempat kerja yang membuat mentalmu ciut saat tahu kondisi dan tekanan kerjanya. Jangan dipikirkan tekanan dan beratnya kerjaan yang akan kamu hadapi. Santai saja, jalani dulu, dan anggap sebagai tantangan yang menghasilkan uang.

5. Senyum
Senyum menunjukkan keramahan dirimu, apalagi sebagai anak baru, ekspresi wajah ini seperti baliho yang memberi tahu orang lain kalau kamu adalah orang yang ramah, mudah diajak berteman dan bekerja sama. Tersenyumlah dengan tulus pada kawan kerja baru, bos baru dan siapapun yang baru kamu kenal di tempat kerjamu.

6. Perhatikan perilaku dan pakaian
saat hari pertama kerja harus dong kita bersikap sopan dan berpakaian rapi. Ini menunjukkan kalau kamu memang niat bekerja maksimal disini. Penampilan memang paling berpengaruh dalam tips cepat beradaptasi di lingkungan kerja.

7. Jangan malu-malu
Tapi juga jangan malu-maluin, perkenalkan dirimu pada setiap orang kalau kamu baru disini dan bergaul lah dengan rekan-rekan barumu. Jangan menutup diri.

8. Diajak makan siang? ikut aja
Di hari pertama, usahakan kamu bawa duit cukup, jika tempat kerjamu tidak menanggung akan siang, teman-teman atau bos barumu bisa saja ngajak makan diluar. Ikuti saja di hari pertamamu, momen ini bisa menjadi ajang mengakrabkan diri.
9. Dengarkan dan amati
Sejak pertama masuk kerja jadilah pembelajar ulung, dengarkan obrolan rekan kerjamu dan amati pola sosial lingkungan kerjamu.

10. Bekerjalah secara professional
Apapun yang terjadi berusahalah bekerja dengan professional karena kamu dibayar di tempat yang telah menerimamu untuk mengembangkan usahanya. Patuhi aturan dan jangan melanggar larangan yang sudah ditetapkan.

Hal yang perlu kamu ingat saat hari pertama kerjamu adalah jangan cepat kecewa jika kenyataan di tempat kerja berbeda dari yang kamu harapkan. Pokoknya persiapkan diri dan niatkan untuk bekerja dengan baik. Selamat mempraktekkan tips cepat beradaptasi di tempat kerja barumu.
Previous
Next Post »